Pusat Pengembangan Wilayah dan Teknologi Lingkungan Hidup dan Inkubator Bisnis Halal LPPM UNISBA  bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Membahas Pengembangan Kampung Adat Kuta

Pusat Pengembangan Wilayah dan Teknologi Lingkungan Hidup dan Inkubator Bisnis Halal LPPM UNISBA bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Membahas Pengembangan Kampung Adat Kuta

Admin LPPM_2 Januari 18, 2023 Kegiatan LPPM, Kegiatan UNISBA, Pusat Pengembangan Wilayah dan Teknologi Lingkungan Hidup

Kampung Adat Kuta merupakan salah satu kampung adat di Jawa Barat. Dusun Kuta berada di Desa Karang Paningal Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis telah ditetapkan sebagai masyarakat hukum adat melalui Peraturan Daerah No 15 Tahun 2016 tentang Pengakuan Masyarakat Hukum Adat Kampung Kuta. Pada permukiman Kampung Adat Kuta terdapat bangunan rumah panggung berbahan dasar kayu dan bambu dengan desain yang khusus diantaranya harus berbentuk persegi panjang, tidak boleh terdapat kamar mandi didalam rumah dan beratapkan kerai atau injuk tidak boleh genting dan ini sudah merupakan pesan atau amanah leluhur. Meski demikian masyarakat tetap menggunakan listrik, barang elektronik maupun kendaraan bermotor.

Pertemuan yang diselenggarakan pada hari rabu, 18 Januari 2023 ini bertempat di UPTD Kawali dihadiri oleh Bapak Dian Kusdiani, S.IP, M.M selaku Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis dan Kepala Desa Karangpaningal yaitu Bapak Ngudiarto sementara dari LPPM UNISBA yaitu Kepala Pusat Pengembangan Wilayah dan Teknologi Lingkungan Hidup Dr. Imam Indratno, S.T., M.T. bersama Manager Inkubator Bisnis Halal Bapak Diki Rahman, S.Si.

Dalam diskusi Unisba mengenalkan program “Sakola Desa”. Di samping itu, dalam rangka kerjasama pengusulan proposal Matching Fund,  Unisba berencana bermitra dengan Dinas pariwisata Kabupaten Ciamis dalam mengembangkan wisata di Desa Karang Paningal.  Bapak Dian Kusdiani, S.IP, M.M selaku Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas pariwisata Kabupaten Ciamis maupun Bapak Ngudiarto Kepala Desa Karang Paningal menyambut baik rintisan kerjasama dalam penyusunan masterplan desa wisata Desa Karang Paningal.  Hal ini juga sejalan dengan program Inkubator Bisnis Halal LPPM UNISBA yaitu agar potensi ekonomi berkembang maka perlu untuk membuat produk khas dari Desa Kuta demikian yang disampaikan oleh Bapak Diki Rahman, S.Si yang diamini oleh Bapak Dian Kusdiani, S.IP, M.M yang nantinya akan dikolaborasikan dengan bidang ekraf Dinas pariwisata Kabupaten Ciamis.

Kegiatan ini berakhir pada siang hari dan diharapkan dapat ditindak lanjuti dari setiap pihak sehingga program pengembangan Desa Wisata Karang Paningal dapat segera dimulai.

Komentar

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments