Pelatihan “Menjadi UMKM Mitra Pemerintah Daerah dalam Pembelian dan Pemanfaatan Produk dalam Negeri”

Pelatihan “Menjadi UMKM Mitra Pemerintah Daerah dalam Pembelian dan Pemanfaatan Produk dalam Negeri”

Admin LPPM_2 Juni 20, 2022 Kegiatan LPPM, Kegiatan UNISBA, Pusat Pengembangan Inovasi dan Inkubator Bisnis Halal

Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Halal di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Bandung, menyelenggarakan Pelatihan “Menjadi UMKM Mitra Pemerintah Daerah dalam Pembelian dan Pemanfaatan Produk dalam Negeri”. Pelatihan ini  adalah tindak lanjut dari Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2022 lalu yang bertemakan “EKSIS DENGAN INOVASI Melahirkan pebisnis dari penelitian dan PkM”, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 20-21 Juni 2022 bertempat di aula pasca sarjana Unisba  Jl. Purnawarman No. 59 Bandung kegiatan ini  akan dilanjutkan dengan acara pendampingan kepada tenant yang telah memulai bisni selama lebih dari 2 bulan sehingga diharapkan setelah melalui pendampingan ini dengan materi-materi yang telah disiapkan  mampu menghasilkan usahawan umkm yang menjadi mitra pemerintah daerah dalam pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dr. Titik Respati, drg., M.Sc. PH selaku Sekretaris LPPM sebagai kick off dalam rangkaian kegiatan lebih dari dua bulan kedepan. Pembicara pertama hari ke-1 disampaikan oleh bapak Angga Nugraha educator at foodizz  juga Co-Founder CRP Group (Upnormal, Bakso Boedjangan) dalam pemaparannya “Start up di era digital” diperlukan ilmu dalam menjalankan bisnis karena keadaan pada hari ini banyak perusahaa start up yang berguguran diantaranya zenius, link aja!, TaniHub dan lainnya dikarenakan inovator yang semakin sedikit dan selektif, maka dari itu diperlukan competitive advantage yaitu memiliki keunggulan yang tidak mudah ditiru dan sangat diperlukan oleh masyarakat, bapak Angga Nugraha memberikan tips mengapa Upnormal dapat bertahan yaitu jangan terobsesi dengan exit strategy, pelajari ilmu bisnis walau sulit, insight, change your attitude, know your customer.

Acara ini dimoderatori oleh bapak Diki Rahman, S.Si selaku manager Inkubator Bisnis Halal LPPM UNISBA yang kemudian diikuti dengan Pembicara kedua yaitu Dr. Arif Firmansyah, S.H., M.H dalam pemaparannya dengan tajuk “Aspek Legal dalam Berusaha” bahwa badan usaha adalah badan usaha berbentuk badan hukum atau tidak berbentuk badan hukum yang didirikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melakukan usaha dan kegiatan pada bidang tertentu. Bagi calon usahawan UMKM harus memiliki pengetahuan bentuk-bentuk badan usaha yang kemudian harus memiliki pengetahuan badan hukum dan non badan hukum dan kemudian harus mengetahui tahap-tahap pendaftaran yang saat ini diselenggarakan melalui sistem online.

  Kegiatan pelatihan ini akan dilanjutkan esok pada tanggal 21 Juni 2022 dengan pembicara dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yang akan disampaikan oleh Dr. Dahniar Ahmad Nurdianto S.E., M.Si. selaku Widyaiswara Ahli Madya, kemudian dilanjutkan materi mengelola financing bagi usahawan start up yang akan disampaikaan Rizka Estisia Pratiwi, S.E., M.S.M dan diakhiri dengan materi konsep Syari dalam berbisnis dan membangun ekosistem halal yang akan disampaikan oleh Dr. Panji Adam Agus Putra, S.Sy., M.H. beliau juga Dewan Pengawas Syariah Inkubator Bisnis Halal UNISBA.

Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments